Berfikir Dahulu Sebelum Bertindak ?

30/09/2011

Saran saya, ajarkan anak remaja Anda untuk berpikir paling sedikit beberapa menit sebelum membuat keputusan yang mengandung konsekuensi.

Ingatkan mereka bahwa penundaan mungkin pada awalnya sulit, namun tidak akan merugikan mereka. Lalu suruh mereka berlatih untuk menolak tekanan yang ditimbulkan orang lain yang memaksa mereka untuk mengambil tindakan segera.

Misalnya, minta anak Anda untuk membayangkan situasi dimana teman temannya berencana untuk berkendara ke sebuah area nongkrong yang kabarnya disitu merupakan tempat menjual obat bius. Ia tidak yakin akan pergi kemana, tetapi teman-temannya berkata “Kau mau ikut atau tidak ? Kami tidak bisa menunggu semalaman.”

Dorong anak remaja Anda untuk berpikir sejenak, saat ia merasa tidak yakin. Ia bisa mengatakan :”Jangan mendesakku, aku perlu memikirkannya.” atau “Jika kalian begitu terburu buru, bagaimana jika kalian pergi saja tanpa aku ?”

Mulanya ini kelihatan konyol, tetapi ini adalah langkah pertama yang penting, karena saat ia meluangkan waktu beberapa menit, ia bisa memikirkan apa yang bakal terjadi saat mereka tiba di sana.

Apakah teman temannya hanya ingin bertemu dengan pemuda pemuda dan merayu mereka ? Atau apakah mereka berencana untuk menggunakan obat obatan terlarang, bergaul dengan pemuda pemuda aneh atau mencari kegembiraan berbahaya yang lain ?

Apakah memang ini yang ingin ia lakukan ? Akhirnya, ia bisa bertanya pada dirinya sendiri mengenai akibat, jika ia menggunakan narkoba atau naik mobil bersama pemuda pemuda yang tidak ia kenal.

Ia akan menempatkan dirinya dalam bahaya dan bisa terluka atau ditangkap. Apakah ini resiko yang siap ia tanggung ? Dengan berfikir mendalam, para remaja biasanya dapat mengantisipasi konsekuensi dari tindakan tindakan mereka.

Jika konsekuensi tersebut tidak diinginkan, mereka bisa menghindari situasi tersebut.

Sumber : Dr. Neil I. Bernstein, Bagaimana Cara Membuat Anak Remaja Anda Terhindar dari Masalah dan Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Usaha itu Gagal, 2006.

Ingin Anak Remaja Anda Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s