Melatih Kemampuan Menilai ?

03/10/2011

Sama seperti ketrampilan yang lain, mengembangkan penilaian yang baik butuh latihan.

Para remaja yakin, mereka tahu segalanya dan tidak membutuhkan bantuan Anda, Anda harus mencari cara untuk membujuk mereka agar mau berbicara tentang masalah penilaian. Ini menjadi semakin mudah dengan adanya fakta bahwa Anda punya sesuatu yang sangat mereka dambakan : yaitu kebebasan.

Kali yang lain, anak Anda meminta untuk melakukan sesuatu yang menuntut agar Anda mempercayai dirinya, manfaatkan kesempatan itu untuk menguji, apa penilaiannya mengenai suatu situasi yang belum tentu terjadi.

Misalnya, jika anak remaja Anda yang berusia enam belas tahun pergi ke pesta bersama teman temannya yang lebih tua, diskusikan apa yang akan ia lakukan jika mereka menawarkan mariyuana kepadanya ?

Kebanyakan remaja akan meyakinkan Anda bahwa mereka akan menolak dan meremehkan kekhawatiran Anda, namun jangan biarkan diskusi berakhir hingga disini. Tanyakan mengapa ia menolak dan bagaimana ia melakukannya.

Jika ia tidak dapat memberi satupun jawaban yang masuk akal, ia tidak akan diizinkan pergi. Dialog orang-tua-anak seperti ini sangat penting bagi perkembangan anak Anda dalam membuat penilaian yang baik.

Saat Anda menanyakan kepada anak remaja Anda bagaimana ia akan menangani suatu situasi yang pelik, cobalah bersikap tulus dan sesabar mungkin. Ajak ia untuk berpikir dan berbagi sudut pandangnya. Ini membuat Anda dapat memperkirakan penilaiannya.

Diskusi semacam ini tidak menjamin ketaatan anak Anda, namun setidaknya dapat memuaskan Anda bahwa anak Anda menggunakan fikirannya, pada situasi yang membutuhkan kompromi.

Semakin banyak hal yang direnungkannya sebelum bertindak, semakin kecil kemungkinan ia akan membuat penilaian yang buruk.

Sumber : Dr. Neil I. Bernstein, Bagaimana Cara Membuat Anak Remaja Anda Terhindar dari Masalah dan Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Usaha itu Gagal, 2006.

Ingin Anak Remaja Anda Berubah ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s