Tidak Pernah Puas ?

11/01/2012

Pernahkah Anda dibingungkan oleh dua buah kalimat wisdom yang terdengar sama bijaknya, namun pikiran Anda mengatakan  keduanya memiliki makna yang bertentangan.

Misal kalimat “Jangan cepat berpuas diri” dibandingkan dengan kalimat “Kita harus selalu bersyukur atas apapun hasil yang Allah Swt. berikan kepada kita” atau kalimat “Kita harus menjadi diri sendiri” dengan kalimat “Kita harus dapat bersikap luwes / fleksibel”, dsb.

Lalu nilai kebijakan seperti apa yang sebaiknya kita pilih ?

Namun sebelum kita membuat pilihan, sadarkah kita bahwa kedua kalimat yang seolah bertentangan tersebut, sebetulnya memiliki konteks / penerapan yang berbeda.

Pengertian “Jangan cepat berpuas diri” lebih ditekankan pada tentang bagaimana kita memperluas ikhtiar, menemukan cara dan semua upaya penyempurnaan yang sepenuhnya berada dalam zona kendali kita.

Sedang kalimat “Harus selalu bersyukur”  lebih ditekankan pada tentang bagaimana kita menghargai jerih payah kita, berterima kasih atas pemeliharaan Allah Swt terhadap semua hal yang berada diluar zona kendali kita.

Dengan demikian “Jangan cepat berpuas diri” tidak berarti memiliki makna yang sama dengan “Tidak pernah bersyukur” atau “Kita harus menjadi diri sendiri” tidak berarti memiliki makna yang sama dengan “Menjadi pribadi yang egois”.

Atau jika disempurnakan, maka kalimat wisdomnya berubah menjadi bertambah panjang yaitu “Jangan cepat berpuas diri dalam upaya memperluas zona kendali dan selalu berterima kasih kepada Allah Swt. dan kepada diri sendiri atas apapun hasil yang telah diraih.”

Ingin selalu bersyukur ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

2 Responses to “Tidak Pernah Puas ?”

  1. mega Says:

    Assalamualaikum,

    saya mau tanya.. katanya bisa terapi via Yahoo messenger ya? boleh tau id-ny? makasih..

    wassalam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s