Rasa Nyaman ?

11/03/2012

Sudah menjadi fitrah manusia selalu menginginkan rasa nyaman dalam setiap tahapan kehidupannya.

Misal, perasaan nyaman saat ditimang orang tua, perasaan nyaman saat bermain dengan teman, rasa nyaman saat mengkonsumsi suatu stimulan, rasa nyaman saat menerima kebaikan, perasaan nyaman saat belajar di sekolah, perasaan nyaman saat bekerja, perasaan nyaman saat berkeluarga, perasaan nyaman saat bertetangga dsb.

Akan tetapi tahukah kita bahwa terdapat 2 jenis rasa nyaman yang walau sama-sama menimbulkan efek relaks dan menyenangkan, namun memberikan dampak yang sama sekali berbeda bahkan bertentangan. Adapun ke 2 jenis rasa nyaman tersebut adalah rasa nyaman yang timbul akibat perilaku konsumtif dan rasa nyaman yang timbul akibat perilaku produktif.

Rasa nyaman yang konsumtif adalah rasa nyaman yang timbul akibat seseorang mengkonsumsi suatu stimulan yang berasal dari luar dirinya. Biasanya rasa senang tsb. merupakan “tujuan” itu sendiri dan si pengguna bersikap pasif, misal saat menerima pujian, saat menikmati musik, saat mengkonsumsi makanan, saat main game dsb.

Rasa nyaman ini  bermanfaat jika digunakan sebagai “jeda” ataupun hadiah setelah kita melakukan aktifitas produktif yang terus menerus sehingga mengendorkankan otot otot dan pikiran yang tegang. Rasa nyaman ini dapat berubah menjadi negatif jika digunakan sebagai sarana lari dari masalah karena berpotensi menimbulkan efek kecanduan.

Sedang rasa nyaman produktif adalah rasa nyaman yang timbul akibat dirinya menghasilkan suatu kebaikan bagi lingkungan ataupun dirinya sendiri. Biasanya rasa senang tersebut hanya merupakan sarana peneguhan dan si pengguna bersikap aktif, misal saat menolong orang lain, saat berhasil menciptakan lagu, saat memuji pasangan dsb.

Rasa nyaman produktif ini sangat positif  karena membuat seseorang menjadi semakin percaya diri, semakin optimis dan semakin produktif. Rasa nyaman yang aktif inilah yang lazim disebut sebagai rasa bahagia.

Lalu, jenis rasa nyaman mana yang Anda pilih ?

Ingin rasa nyaman yang positif ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s