Pencegahan Narkoba dalam Keluarga ?

12/03/2012

Kasus tertangkapnya Raka Widyarma, anak angkat wakil gubernur Banten Rano Karno, semakin menjelaskan kepada kita semua, bahwa ancaman narkoba sudah semakin merajalela.

Sekalipun kita seorang guru, ustad, psikiater, pejabat, pengusaha dsb., tidak ada jaminan keluarga kita selalu berada pada situasi dan lingkungan yang bebas dari narkoba, karena saat ini kehadirannya sudah merasuk ke mana-mana, sampai ke wilayah-wilayah yang seharusnya steril seperti wilayah pendidikan, kesehatan, hukum ataupun agama.

Satu-satunya cara yang paling ampuh adalah memberdayakan anggota keluarga agar memiliki kesadaran penuh akan bahaya narkoba dan bersedia untuk menjauhinya sehingga keputusan untuk tidak berurusan dengan narkoba sepenuhnya berasal dari dalam dirinya.

Hal ini tentu tidak mudah, karena tidak semua orang tua memiliki kemampuan berkomunikasi, pengetahuan mengenai psikologi remaja dan situasi ini dapat semakin diperburuk jika hubungan antar keluarga seperti hubungan antar suami-istri dan hubungan antar orangtua-anak tidak harmonis.

Akibatnya orang tua yang seharusnya menjadi sumber nyaman, sumber rujukan, sumber pertolongan bagi si anak, berubah menjadi “nenek” pengatur yang bawel ataupun “polisi” penghukum yang menyebalkan. Selanjutnya, tentu mudah ditebak, jika si anak justru mencari tempat nyaman di luar rumah, dari sumber sumber yang tidak jelas dan manipulatif.

Untuk ini mulailah sejak sekarang, masing masing pasangan membekali diri dengan pengetahuan parenting, psikologi remaja dan jika perlu lengkapi dengan penasihat keluarga sehingga embrio konflik dalam keluarga dapat dicegah sedini mungkin.

Atau paling tidak, pastikan diri Anda terbebas dari gangguan kecemasan, mudah panik ataupun reaktif sehingga Anda tidak menjadi sumber stres bagi pasangan ataupun buah hati Anda.

Ingin pencegahan narkoba dini ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s