Hambatan Pribadi dan Produktifitas ?

02/09/2012

Memang betul, perusahaan tidak boleh dan tidak mungkin mencampuri urusan pribadi karyawannya.

Namun, bagaimana jika perusahaan memiliki karyawan yang mengidap susah tidur, salesman yang takut presentasi, manajer yang fobia naik pesawat dsb., hal ini tentu saja secara tidak langsung dapat mengganggu produktifitas ybs., apalagi jika jenis pekerjaannya berpotensi mengalami kecelakaan kerja.

Untungnya, selain untuk tujuan memenuhi kompetensi pekerjaan, saat ini sudah banyak sarana penyeleksian karyawan,  yang mampu menjangkau hal hal yang sangat pribadi seperti kemampuan individu mengelola stres, sifat ataupun kebiasaan buruk karyawan, ketrampilan berkomunikasi, kemampuan bersosialisasi dsb.

Justru yang menjadi persoalan jika hambatan pribadi tsb., baru muncul atau baru diketahui setelah yang bersangkutan diangkat sebagai karyawan tetap, perusahaan mau tidak mau harus menyediakan sistem yang dapat mengantisipasi dan mengatasi masalah tersebut.

Pengendalian sifat ataupun kebiasaan karyawan melalui hukuman ataupun penghargaan bukanlah penyelesaian karena tujuan berdirinya perusahaan tidak dimaksudkan untuk menjadi lembaga pengasuhan atau lembaga pelatihan kepribadian, melainkan berorientasi profit.

Itu sebabnya, pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan manajemen stres, kecerdasan emosional karyawan, ketrampilan berkomunikasi karyawan, patut dipertimbangkan menjadi bagian dari sistem pelatihan perusahaan.

Jika perlu, kesehatan emosional karyawan dimasukkan kedalam jaminan pelayanan kesehatan karyawan.

Ingin Bebas Hambatan Pribadi ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s