Cicak vs Buaya ?

08/10/2012

Idealnya, sebuah sistem harus tumbuh, termasuk sistem pemberantasan korupsi.

Namun pada kasus KPK vs Polri yang terjadi justru sebaliknya, kedua instansi yang seharusnya bahu membahu dalam pemberantasan korupsi, untuk kedua kalinya justru saling melumpuhkan, seolah tidak ada hikmah apapun yang dapat dipetik, dari konflik sebelumnya.

Lalu hal apa saja yang dapat menjadi penyebab “lumpuhnya” pemberantasan korupsi, khususnya pada kasus Cicak vs Buaya ?

  1. Adanya duplikasi penugasan sehingga fungsi lembaga menjadi tumpang tindih. Mengingat ruang lingkup tugas Polri yang sudah terlalu banyak dan kompleks, bagaimana jika fungsi pemberantasan korupsi diserahkan sepenuhnya kepada KPK, sesuai dengan spesialisasinya yaitu pemberantasan korupsi ?
  2. Adanya konflik kepentingan sehingga fungsi pengawasan tidak independen. Hasil objektif seperti apa yang dapat kita harapkan jika “jeruk” memeriksa “jeruk”, atau “anak” memeriksa “bapak” ?
  3. Adanya tirani satu lembaga pada lembaga lain akibat hirarki kepemimpinan. Idealnya interaksi antar lembaga berbentuk siklus tertutup sehingga fungsi pembinaan dan fungsi pengawasan tidak dilakukan oleh fungsi yang sama.
  4. Tidak adanya kepemimpinan yang kuat. Pemimpin tidak harus mengubah karakter masing2 fungsi apalagi menyeragamkannya, melainkan hanya menyusun ulang sehingga interaksi siklus bersifat sinergi dan tumbuh.
  5. Penyelesaian masalah tidak pada akar masalah. Ketidak mampuan pemimpin membedakan mana yang sebab dan mana yang akibat, membuat banyak waktu, tenaga, biaya, pikiran, usaha yang sia-sia.

Ingin bebas kecanduan korupsi ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s