Mengubah Kecanduan ?

17/10/2012

Dalam Servoterapi, kebiasaan ataupun kecanduan hanyalah salah satu sarana diri untuk menurunkan kecemasan ataupun menimbulkan rasa nyaman / kepuasan.

Adapun persamaannya dengan “jeda”, refreshing ataupun hobby, keduanya sama sama menimbulkan rasa nyaman ataupun puas, sedang perbedaannya kecanduan ataupun kebiasaan, biasanya lebih bersifat menetap atau kronis.

Adanya rasa nyaman yang ditimbulkan saat melakukan kebiasaan/kecanduan inilah yang membuat mengapa seseorang jauh lebih sulit lepas/keluar dari subjek kebiasaan/kecanduan, dibanding seseorang yang masih terpapar dengan sumber stres dan belum melarikannya kepada bentuk bentuk kebiasaan/kecanduan.

Ada dua jenis kebiasaan/kecanduan yaitu kebiasaan/kecanduan pada hal hal yang bersifat positif/produktif dan kebiasaan/kecanduan pada hal hal yang bersifat negatif /konsumtif. Melalui kebiasaan ataupun kecanduan yang bersifat positif/produktif seperti kebiasaan belajar, kecanduan bekerja, seseorang dapat mengaktifkan potensi, memperluas zona kendali ataupun meningkatkan kehidupan sosial dirinya.

Sebaliknya jika subjek kebiasaan/kecanduan bersifat negatif dan konsumtif akan sangat merugikan, karena dapat menyebabkan seseorang kehilangan waktu produktif, peluang meningkatkan kompetensi dirinya, belum lagi jika subjek kecanduannya beresiko terhadap kesehatan ataupun finansial seperti kecanduan rokok, minuman keras, kecanduan judi, kecanduan belanja dsb.

Itu sebabnya mengapa pada terapi menghilangkan kebiasaan atau kecanduan pada hal hal yang bersifat negatif ataupun konsumtif, kesadaran berubah harus sepenuhnya datang dari dalam diri yang bersangkutan, bukan karena dorongan orang lain ataupun karena perasaan tidak enak pada orang-orang yang disegani dirinya.

Ingin bebas kecanduan ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s