Berhenti Merokok ?

21/05/2014

Mungkin banyak diantara perokok yang telah berkali kali mencoba berhenti merokok.

Berbagai upaya dilakukan mulai dengan mengurangi jumlah rokok yang dihisap perhari, mengganti dengan permen, berpuasa, minum obat dll., namun usaha tersebut tidak membuahkan hasil dan kalaupun berhasil biasanya hanya bertahan beberapa hari, untuk kemudian memulainya kembali, bahkan tidak jarang dengan jumlah yang lebih besar dan jarak yang lebih pendek.

Mengapa hal tersebut dirasa sulit dan berpotensi menimbulkan frustrasi ?

Entah disadari atau tidak, aktifitas merokok yang awal mulanya cuma dijadikan sarana iseng oleh perokok pemula, dikemudian hari sering dijadikan sebagai sarana untuk menenangkan diri atau menurunkan kecemasan dirinya akibat tekanan kehidupan sehari hari seperti belajar, bekerja, berkeluarga, bermasyarakat dll.

Akibatnya setiap upaya berhenti merokok dapat mengaktifkan kembali perasaan cemas yang sebelumnya otomatis diturunkan oleh kebiasaan merokok. Hal tersebut lazim dikenal sebagai efek penarikan kembali (withdrawal effect) karena tubuh berusaha menyesuaikan diri kembali.

Untuk ini yang diperlukan adalah cara untuk membuang penyebab kecemasan tersebut (problem solving skills), bukan mengalihkan perasaan gelisahnya pada sarana penenang lainnya.

Ingin mudah berhenti merokok ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s