Pengobatan Susah Tidur ?

03/10/2014

Kecuali susah tidur yang disebabkan oleh gangguan medis, kebanyakan insomnia lebih disebabkan oleh gangguan psikis.

Hal tersebut dapat dipicu oleh situasi ekstrim seperti tekanan pekerjaan, masalah keluarga, pasca sakit, pemutusan hubungan kerja (PHK), kehilangan orang yang dicintai, terjerat kasus hukum, konflik tetangga dsb.

Adapun pengobatannya dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pengobatan simptomatik dan pengobatan kausal. Pengobatan simptomatik ditujukan pada mengobati gejala atau akibat yang ditimbulkan berupa perasaan negatif seperti cemas, takut, panik, gelisah, biasanya menggunakan obat obatan ataupun suplemen. Sedang pengobatan kausal ditujukan pada menemukan akar masalah atau penyebab timbulnya gangguan psikis, biasanya menggunakan psikoterapi atau hipnoterapi.

Dalam keadaan darurat, pengobatan simptomatik dapat membantu meringankan keluhan ybs., namun jika akar masalah yang menjadi penyebab susah tidur tidak turut dihilangkan, maka pengobatan simptomatik bersifat sementara, bahkan dalam jangka panjang dapat menimbulkan masalah baru berupa ketergantungan obat akibat adanya efek toleransi dari penggunaan obat.

Ibarat kaki yang tertusuk duri, susah tidur hanyalah akibat dari adanya penyebab insomnia (khususnya insomnia yang disebabkan oleh gangguan psikis) sehingga dalam mengobatinya kita memiliki dua pilihan : apakah akibatnya yang diobati (rasa nyerinya atau perasaan negatifnya) ataukah sebabnya yang diatasi (mencabut durinya atau membuang penyebab cemasnya).

Pilihan selanjutnya terserah Anda !

Ingin mudah tidur ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

4 Responses to “Pengobatan Susah Tidur ?”

1. habibi2015 Says:

mas saya mempunyai sifat seperti di atas ssh tidur,saya ingin membuang rasa negatif dlm diri,bagaimana mhon blsan ny