Jatuh Kembali pada Lubang yang Sama ?

07/01/2015

Tertangkapnya kembali artis Fari* RM pada kasus narkoba, menambah panjang daftar artis yang berulangkali terjerat pada kasus yang sama.

Sebut saja artis lainnya seperti Ibr* Azhar*, Ro* Marte*, Revald*, Pol* Srimula*, Doyo* dan banyak lagi arti lainnya. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan, mengingat mereka dulunya adalah orang orang yang berprestasi dan menjadi model bagi penggemarnya.

Lalu mengapa mereka “jatuh” kembali pada lubang yang sama ? Adakah yang salah dengan pola penanganan baik hukum, sosial maupun rehabilitasi ?

Mereka adalah tipe orang orang yang bekerja di dua ekstrim. Di saat jaya, mereka adalah “subjek” sebagai pekerja aktif, memiliki pengaruh, banyak uang, banyak teman dsb., namun pada yang sama mereka adalah “objek” dengan jadwal padat, pola tidur dan makan tidak teratur, komunikasi keluarga berkurang dll.

Tekanan pekerjaan yang sangat tinggi inilah yang membuat mereka menjadi sangat rentan terhadap sumber rasa nyaman yang semu seperti alkohol, obat obatan, seks, judi dll., hal tersebut akibat adanya kebutuhan bawah sadar untuk menurunkan ketegangan.

Ironisnya, seiring dengan mulai memudarnya popularitas, berkurangnya penghasilan mereka apalagi jika disertai masalah keluarga, dapat semakin meningkatkan kecemasan mereka dan ini berarti pula semakin meningkatkan kebutuhan mereka akan rasa nyaman.

Klimaksnya, saat mereka tertangkap menggunakan barang haram inilah yang membuat semuanya menjadi terbalik, seperti rasa bersalah kepada keluarga atau penggemar, rasa marah diri sendiri dan ini tentu saja semakin menempatkan diri mereka dalam posisi objek (baca : pesakitan).

Selanjutnya, pola penanganan hukum, sosial ataupun rehabilitasi yang tidak tepat, dapat pula membuat ybs. semakin terpuruk karena semakin menurunkan harga diri (self esteem) mereka. Tidak heran jika mereka mudah terjatuh kembali pada lubang yang sama.

Bagaimana jika dengan hukuman rehabilitasi, disertai hukuman kerja sosial seperti menjadi pengajar/mentor musik, pelawak, akting dsb. dapat semakin mempercepat proses penemuan kembali jati diri mereka ?

Ingin kembali berguna ? KLIK > https://servoclinic.com/kesaksian/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s